ips 5

standart kompetensi
lingkungan alam alami dan buatan.

kompetensi dasar
mengenali lingkungan alam dan buatan

indikator
1.mampu mengetahui contoh lingkungan alam alami dan buatan
2.mampu membedakan  perbedaan lingkungan alam alami dan buatan
3.mampu memberikan contoh lingkungan alam alami baik buatan.

MATERI 5

A. Mengenal lingkungan alam dan buatan
Lingkungan merupakan ruang yang kita tempati beserta segala sesuatu yang ada di dalamnya. Lingkungan alam adalah benda-benda di sekitar yang terjadi karena proses alam.lingkungan alam bukan lingkungan dibuat manusia. Lingkungan alam merupakan ciptaan Tuhan. Sedangkan lingkungan buatan adalah lingkungan yang sengaja dibuat manusia untuk melengkapi kebutuhan hidupnya.
Lingkungan alam dan buatan yang ada di sekitar kita ada yang menyenangkan dan ada pula yang menyedihkan. Lingkungan alam dan buatan yang menyenangkan adalah lingkungan yang asri, indah, dan nyaman. Lingkungan seperti ini dapat dikatakan sebagai lingkungan sehat. Sedangkan lingkungan alam dan buatan yang menyedihkan dapat dikarenakan kotor dan kumuh. Hal ini tentu tidak menyehatkan.
B. Lingkungan alam di sekitar rumah dan sekolah
Banyak manfaat yang dapat diambil oleh manusia dari lingkungan alam. Contohnya danau, sungai, gunung, pantai dan sebagainya.
1. Danau
Adalah genangan air yang terlertak pada cekungan tanah daratan. Air danau tidak mengalir seperti sungai. Contoh danau di Indonesia adalah danau toba.
2. Sungai
Adalah aliran air yang berbelok-belok. Arah aliran sungai mengalir dari tempat yang tinggi ke tempat yang lebih rendah
3. Gunung dan Pegunungan
Gunung adalah bagian tanah yang menjulang tinggi berbentuk kerucut. Gunung
ada dua macam yaitu gunung yang masih aktif (berapi) dan gunung yang sudah tidak aktif. Pegunungan adalah rangkaian gunung yang berjajar. Hawa di kedua daerah ini sangat segar dan sejuk.
4. Pantai
Adalah daerah tepi laut yang masih digenangi air laut. Pantai banyak dimanfaatkan sebagai objek wisata.
C. Lingkungan buatan di sekitar rumah dan sekolah
Lingkungan buatan yang ada di sekitar rumah dan sekolah antara lain sawah, taman, jalan raya, gedung, dll.
1. Sawah
Adalah tanah yang digarap dan diairi untuk tempat menanam padi. Sawah banyak ditemukan di daerah pedesaan dan diolah para petani.
2. Taman
Adalah kebun yang ditanami dengan bunga-bunga. Selain untuk tempat beristirahat, taman juga dapat dimafaatkan sebagai paru-paru kota.
3. Jalan Raya
Adalah tempat lalu lintas kendaraan. Jalan dapat memperlancar hubungan antar daerah. Pemerintah juga membangun jalan tol sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kemacetan.
4. Gedung
Adalah bangunan rumah perkantoran atau tempat pembelajaran. Kota besar identik dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi.



gambar kenampakan atau lingkungan alam alami
gambar gunung



gambar kenampakan atau lingkungan alam buatan 
gambar jembatan layang

Komentar